PT Megasatria Hiciter

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih mesin pengkodean

Mesin pengkodean, label, dan penandaan dalam produk sangatlah penting untuk berbagai sektor industri. Karena Ini memuat informasi penting yang bagi konsumen dan juga produsen. Selain itu, proses pengkodean juga berfungsi untuk mematuhi urusan legalitas sebuah produk ataupun industri.

Pada produk makanan dan minuman, kode identifikasi dan tanggal yang relevan dapat membantu konsumen untuk mengetahui keamanan dan keaslian produk yang akan mereka konsumsi. Sedangkan untuk produsen, nomor batch dan barcode akan melindungi supply chain mereka dari produk palsu dan membuat penelusuran produk lebih mudah.

Karena fungsinya yang penting ini, coding dan marking printer dalam proses pembuatan produk harus Anda pilih dengan cermat. Pengkodean dan penandaan pencetakan akan sangat berpengaruh pada bahan atau substrat tempat Anda mencetak tanda.

Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mencetak label, yaitu secara kontak maupun non-kontak dengan menggunakan inkjet atau laser untuk mencetak kode.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memilih mesin pengkodean yang cocok untuk Anda? Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih alat pengkodean dan penandaan.

1. Bahan dan Substerat Produk Anda

Bahan dan Substerat produk untuk mesin pengkodean

Seperti yang sudah saya sebutkan, jenis bahan suatu produk mempengaruhi proses pengkodean dan penandaan karena akan menentukan jenis tinta atau bahkan jenis printer yang akan anda gunakan. Beberapa tinta memiliki kualitas yang lebih merekat dan porositas permukaan akan mempengaruhi seberapa baik tinta akan menempel dengan sendirinya.

Selain substrat permukaan, Anda juga harus mempertimbangkan kondensasi dari isi kemasan. Minuman dingin dan industri makanan beku, misalnya, mungkin akan mendapatkan udara pada permukaan. Hal ini dapat membuat tinta tidak dapat menempel dengan baik pada kemasan.

Untuk kasus seperti ini, Anda membutuhkan tinta dengan daya rekat yang lebih tinggi.

2. Bentuk Kemasan yang Akan Anda Cetak pada Mesin Pengkodean

Bentuk kemasan untuk menentukan mesin pengkodean yang cocok

Mesin pengkodean dan penandaan memiliki dua jenis utama, yaitu non-kontak dan kontak. Dengan permukaan yang rata, Anda dapat menggunakan mesin yang membutuhkan kontak dengan objek atau yang tidak.

Sedangkan, jika kemasan tersebut memiliki permukaan yang memiliki lebih banyak lekukan, sebaiknya label menggunakan mesin non-kontak.

Printer inkjet dan laser adalah dua printer non-kontak paling populer saat ini. Keduanya dapat mencetak pada berbagai jenis permukaan dan memiliki beberapa pilihan printer yang berbeda untuk media yang berbeda.

antara keduanya, inkjet lebih banyak yang menyukai, karena lebih hemat biaya. Printer laser memang menghasilkan kualitas yang lebih tinggi, tetapi tentu saja biayanya lebih mahal.

3. Kondisi Lingkungan Manufaktur

Kondisi Lingkungan Manufaktur

Lingkungan manufaktur akan mempengaruhi daya tahan printer Anda. oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan printer terbaik yang sesuai dengan jenis kemasan yang Anda miliki.

Beberapa pabrik ada yang melakukan pembersihan secara basah setiap harinya. Pabrik lain, seperti pabrik kopi atau pabrik zat tepung, mungkin memiliki lebih banyak partikel debu udara.

Kondisi lingkungan ini akan menentukan seberapa serbaguna mesin yang Anda inginkan. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin perlu mengenakan perlindungan tambahan untuk meningkatkan daya tahan printer tersebut.

Ini akan membutuhkan pemeriksaan dan pembersihan rutin, jadi pastikan Anda memenuhi persyaratan perawatan printer untuk printer yang ingin Anda beli.

4. Kecepatan dan Waktu Henti (Donwtime)

Kecepatan dan Waktu Henti (Donwtime)

Dalam banyak aspek proses manufaktur, kecepatan adalah simbol dari efisiensi. Kecepatan menunjukkan penggunaan teknologi manufaktur yang dapat mengoptimalkan dengan baik.

Proses yang cepat ini dapat membuat pemborosan harus seminimal mungkin, yang kemudian akan mengurangi biaya bahan baku. Karena alasan inilah, printer Anda harus bisa beradaptasi dengan kecepatan produksi Anda.

Pada sisi lain, waktu henti printer Anda juga akan mempengaruhi kecepatan proses pengkodean dan penandaan Anda. Bisakah pabrik Anda memiliki waktu idle yang lama? Apakah pabrik Anda memerlukan sedikit waktu henti?

Ada banyak pilihan untuk printer pengkodean dan penandaan. Pilih dengan cermat sesuai dengan kecepatan serta waktu hentinya.

5. Kualitas Print Mesin Pengkodean

Kualitas Print mesin pengkodean

Kualitas pencetakan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat pasca penemuan pertamanya pada era Gutenberg. Sampai sekarang, ada banyak teknologi pengkodean dan penandaan yang memiliki kualitas tinggi yang bisa kamu pilih.

Anda dapat memilih salah satu yang akan cocok dengan bahan produk Anda. Meskipun begitu, tentu saja printer laser mungkin akan menjadi yang paling tepat dalam kategori ini karena  kecepatannya yang tepat.

Memilih Printer yang Tepat

Mesin pengkodean Hitachi Inkjet Printer

Continuous Hitachi Inkjet Printer mesin cetak expired date terbaik untuk menandai coding marking pada berbagai produk industri yang bisa Anda pilih. Terdapat berbagai fitur seperti pencetakan kecepatan tinggi, pencetakan non-kontak, pencetakan yang jelas dan pencetakan yang fleksibel.

PT Megasatria Hiciter telah berdiri lebih dari 20 tahun dan sudah mempunyai lebih dari 200 customer kami yang sudah tersebar, dan kami menyediakan layanan Free after sale service yang sangat berguna untuk kedepannya

Tunggu apalagi? Jangan ragu untuk langsung menghubungi admin kami untuk menanyakan pertanyaan yang ingin anda tanyakan.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *