PT Megasatria Hiciter

Printer coding marking

Pengertian dan Cara Kerja Printer Coding

Printer Coding sebenarnya sudah cukup terkenal pada kalangan industri. Terutama kegunaannya dalam produksi besar pada sebuah perusahaan industri dan manufacture. Saat ini sudah sangat banyak sekali beredar mesin-mesin printer coding. Akan tetapi kita juga harus berhati-hati dalam pemilihan tersebut. Sebelum membahas lebih jauh kita harus mengetahui pengertian printer coding dan cara kerja mesin tersebut.

Pengertian Dasar Printer Coding

Pada dasarnya printer coding ini adalah mesin untuk mencetak kode-kode. Contohnya seperti berikut :

  • Kode Produksi
  • Kode Barang
  • Kode Izin Produksi
  • Tanggal Expired
  • Tanggal Pembuatan
  • Barcode
  • Dan lain-lain

Kode-kode tersebut bisa kita sebut sebagai coding. Yang saat ini akan kita bahas adalah mesin untuk mencetak kode-kode tersebut. Dengan kata lain bisa kita sebut dengan printer coding. Printer coding ini akan mencetak pada kemasan produk berupa informasi seperti teks, angka, logo atau simbol2 tertentu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan produksi tersebut.

Printer Coding memiliki beberapa cara pengaplikasian dan tujuan yang berbeda. Tetapi pembuatan mesin printer coding ini prinsip dasarnya sama yaitu memberikan informasi pada setiap kemasan atau produk. Dan juga ada nama lain dalam penyebutan mesin ini yaitu mesin cetak expired date.

Kenapa harus Coding?

Printer Coding
printer kode produksi
sampel printing expired date

Dengan menggunakan coding pada setiap produk atau kemasan produk, maka informasi dapat tersampaikan secara langsung kepada konsumen. Dan juga dapat menjaga kualitas dari produk tersebut. Jangan sampai karena tidak memakai coding, produk tersebut nantinya malah mendapat nilai buruk oleh konsumen. Pentingnya coding adalah untuk menjaga kualitas dari produk tersebut. Contohnya seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa, info perizinan, dan sebagainya.

Selain itu coding juga membantu dalam pengelompokan suatu barang supaya memudahkan pihak produsen untuk mendistribusikannya. Contohnya dalam suatu industri mereka menggunakan palet untuk mengelompokkan barang. Nah pada palet tersebut tercetak barcode atau coding yang berisi informasi mengenai palet tersebut. Dengan coding tersebut maka memudahkan dalam melihat informasi mengenai isi, jumlah, tanggal produksi, kode produksi, tanggal expired, tipe produk, dan sebagainya. 

Tujuan penting dari peng coding an adalah agar membuat produk tersebut mudah terlacak. Biasanya dengan coding ini maka akan tersimpan melalui database perusahaan yang akan terhubung ke pihak-pihak terkait. Jadi jika pihak-pihak terkait oleh produk tersebut hanya tinggal menscan coding tersebut untuk mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan. Ini dapat terjadi jika perusaahan produksi mencetak kode batch, barcode atau coding tertentu, lalu kemudian menyimpannya pada sebuah database. Maka sangat mudah melacak informasi mengenai produk tersebut. Ini merupakan hal yang sangat penting dan krusial bagi produsen. 

Cara Kerja Printer Coding

date coding machine
mesin-cetak-tangal-kadaluarsa
date-coding-machine
mesin-cetak-tanggal-kadaluarsa
date-coding-machine

Pada intinya adalah printer coding ini tidak serumit yang terbayang pada pikiran kita. Printer coding ini akan mencetak melalui sensor yang terhubung ke mesin tersebut. Dengan pemprograman sederhana maka printer coding ini akan bekerja secara autopilot. Yang artinya mesin ini dapat berjalan sendiri tanpa harus menggunakan SDM. Kemudian dengan bantuan conveyor belt maka produk yang melewati sensor yang sudah terseting sebelumnya akan memerintahkan mesin printer coding untuk mencetak coding tersebut. Ya sesimpel itu cara kerja printer coding ini. Tetapi semua ini tergantung pada merk yang Anda beli. Tekhnologi yang kami jabarkan ini untuk mesin printer coding merk Hitachi Inkjet Printer.

Tetapi Anda juga harus berhati-hati pada perusahaan yang menawarkan beragam solusi coding, tetapi memberikan pelayanan aftersales yang buruk. Hal ini bisa menjadi mimpi buruk bagi Anda ketika perusahaan Anda sedang produksi kemudian mesin tersebut harus berhenti produksi. Itu karena harus menunggu teknisi perusahaan yang kurang respon atau tidak siap untuk hal-hal yang terburuk. Banyak perusahaan hanya janji manis pada awal penjualan saja. Hingga akhirnya perusahaan Anda merugi hanya karena harga yang lebih murah.

PT Megasatria Hiciter berpengalaman lebih dari 20 tahun untuk mesin printer coding. Kami menawarkan beragam solusi coding yang Anda butuhkan. Tentu saja dengan pengalaman lebih dari 20 tahun tersebut membuat kami dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar. Kami juga menawarkan FREE After Sales Service Selamanya

Mesin coding yang kami tawarkan memiliki teknologi yang tidak bisa tersaingi oleh merk lain terbagi menjadi 4 kategori yaitu :

  1. Continuous Inkjet Printer ( CIJ )
  2. Thermal Inkjet Printer ( TIJ )
  3. Laser Coding Marking
  4. Thermal Transfer Overprinter ( TTO )
Untuk mengetahui informasi dari kategori tersebut tinggal klik saja pilihan diatas ini.

Metode paling cocok untuk coding?

Tidak mudah dalam memilih dan menentukan jenis printer coding yang cocok dan tepat untuk perusahaan Anda. Beberapa faktor penentu sangat berpengaruh dan harus menjadi pertimbangan untuk memilih mesin printer coding. Misalnya bentuk produknya, kondisi tempat coding, kecepatan, jenis permukaan produk, dan paparan atau perlakuan produk pada hasil cetak. Seperti froozen food, produk kosmetik dan skincare, bahan lembaran, kemasan kaleng, botol plastik atau pet, botol kaca, dan sebagainya. Dalam semua contoh itu memiliki jenis yang berbeda-beda.

Maka dari itu PT Megasatria Hiciter sudah menyiapkan team analysis yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan mesin printer coding yang tepat. Semua itu merupakan pelayanan gratis yang kami berikan bagi Anda. Demi kelancaran produksi perusahaan Anda, team teknisi kami juga siaga on call atau on site selalu untuk melayani atau membantu troubleshooting pada mesin Anda.

Semua team kami berkerja secara profesional dan memiliki skill yang sangat baik untuk memberikan pelayana yang terbaik bagi perusahaan Anda.